Rabu, 13 Agustus 2014

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

      Di era globalisasi ini, siapa yang tidak mengenal teknologi ??? Tua, muda, kaya, ataupun miskin sudah mengenal teknologi. Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena sudah diberikan akal dan fikiran.  Secara global tujuan diadakannya teknologi adalah membantu mempermudah tugas manusia. Teknologi sekarang ini berkembang dengan pesat didukung dengan kemajuan IPTEKnya. Sebelumnya kita ulas dahulu apa sih IPTEK itu ??

    

      IPTEK adalah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Yang bisa berarti ilmu pengetahuan yang mempunyai teori-teori atau rumus-rumus tetap, dan teknologi merupakan praktek atau ilmu terapan dari teori-teori yang berasal dari ilmu pengetahuan. Jadi ilmu pengetahuan dan teknologi mempunyai makna yang saling berkaitan. 
Sedangkan teknologi tidak akan ada jika tidak ada kemajuan IPTEK. Ibarat IPTEK adalah ilmu atau modal untuk membuat produksi teknologi, sedangkan teknologi adalah produk dari IPTEK tersebut.
     Berikut dampak positif dan negatif teknologi secara global :
1.  Dampak positif
  • Dalam kesehatan,membantu pekerjaan para dokter.
  • Dalam informasi, lebih mudah dan cepat memperoleh informasi yang akurat di belahan bumi manapun.
  • Dalam ekonomi, mempercepat produksi, meningkatkan industrialisasi.
  • dsb.
2. Dampak negatif
  • Banyaknya pemanfaatan komputer untuk terorisme.
  • Kemerosotan moral di masyarakat.
  • Banyaknya kejahatan lewat dunia maya.
  • dsb.
Berikut adalah contoh perkembangan teknologi terbaru :

Perusahaan asal Amerika Serikat Berhasil Bikin Borgol Canggih yang Dilengkapi Kejutan Listrik

Dec 16, 2012
Tingginya angka kriminalitas membuat sebuah perusahaan asal Amerika bernama Scottsdale Inventions membuat sebuah borgol baru berteknologi canggih. Borgol yang memiliki nomor paten 20120298119 ini dilengkapi dengan kejutan listrik agar tahanan tidak mudah kabur.
Borgol dari Scottsdale ini pun mempunyai kemudahan dalam penggunaannya. Untuk menyalakan efek kejutan listrik, borgol canggih ini dilengkapi dengan kontrol wireless. Dengan kemudahan penggunaan tersebut, borgol ini pun diharapkan bisa melumpuhkan tahanan yang mencoba untuk kabur.
Pihak perusahaan mengatakan bahwa mereka tak hanya mengembangkan perangkat ini dalam bentuk borgol. Mereka juga bisa mengambangkannya dalam bentuk lain, seperti pengekang wajah, baju pengekang, collar neck, helm dan lain-lain.
Selain bisa digunakan untuk memberikan efek kejutan kepada para tahanan, borgol ini pun mempunyai fungsi lain. Pertama, terdapat beberapa level efek kejut yang bisa dihasilkan. Dengan fasilitas ini, petugas bisa memberikan peringatan jika tahanan bertindak tidak sesuai dengan aturan.
Berikutnya, borgol ini juga bisa diprogram ulang. Tujuannya adalah agar tahanan hanya bisa bergerak di area tertentu. Jika tahanan keluar dari area yang ditentukan, maka tahanan tersebut akan memperoleh peringatan. Peringatan ini pun bermacam-macam. Bisa berupa kejutan listrik, atau bisa saja tembakan senjata api. (Via Gizmag)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar