Kamis, 14 Agustus 2014

OHH.. KEDIRI CITY



                Hayy guyyss.. disini aku akan bercerita tentang dimana, apa dan bagaimana sih Kota Kediri itu ?? Come on guyyss :D !!
                 Kota Kediri adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Dengan luas wilayah 63,40 km² terbelah oleh sungai Brantas yang membujur dari selatan ke utara sepanjang 7 kilometer. 
Gambar di atas adalah ikon Kediri yang terletak di Kabupaten Kediri. Simpang Lima Gumul (SLG) menjadi titik tengah persimpangan lima jalan. SLG tak pernah sepi dari pengunjung apalagi di malam hari. Ini menjadikan monumen ini sebagai tempat wisata yang sering dikunjungi. Selain SLG, wisata di Kediri banyak sekali seperti : Gunung Kelud, Air Terjun Besuki, Goa Maria Pohsarang, Goa Selomangkleng, Ubalan, Kolam Renang Pagora, Gumul Paradise, dsb.

                 Kediri apa sih ?? Menurutku Kediri itu adalah kota unik  dengan segala ciri khasnya. Kediri bisa aku buat makna yaitu kembali “ke-diri”. Yuppss..mengapa begitu ?? banyak yang bilang bahwa pemimpin jika berkunjung melewati daerah Kediri (wilayah tertentu) dengan niat yang buruk maka mereka akan mendapat balasan yang jelek pula. Misalnya nih jika pemimpin berniat buruk akan turun jabatannya, dsb.  Begitu juga dengan sebaliknya.
Ada juga tentang kerajaan Kediri yang ada sejarahnya namun tak ditemukan wujudnya. Menurut cerita, kerajaan Kediri itu ada di dasar sungai Brantas. Itu artinya banyak harta benda yang ada di dasar sungai itu. Ada yang mencoba mencari benda-benda tersebut namun mereka kehilangan nyawanya, mungkin karena terlalu dalamnya sungai itu kali ya :D.
Entahlah percaya atau tidak itu memang itu mitos yang ada di Kediri.
           Sekarang makanan khas Kediri, yang terkenal adalah tahu takwa, tahu kuning yang tahan seminggu ini tanpa pengawet lhoo. Karena kuning yang di dapat adalah dari kunir, apalagi pengawetnya adalah garam, makanya langsung di makan pun enak rasanya. Yummyyy..
Adalagi nih menu kuliner yang enak yaitu nasi sambel tumpang pecel. Tempatnya sih di sepanjang jalan Dhoho di malam hari. Nasi dengan berbagai sayurannya dengan lauk tempe tahu, diguyur dengan sambel tumpang dan pecel ditambah rempeyek yang kriuuuk abis, hmmm rasanya top markotop jozzz euuuyyy. Untuk kuliner yng lainnya seperti : sate bekicot, soto branggahan, gethuk pisang, dsb.
Sekian ya,ulasan tentang Kediri jangan lupa sempatkan berwisata di Kediri dan beli makanan khasnya :)
Always stay tuned ;) !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar